Mulai 2 Mei, Korsel Cabut Aturan Wajib Masker

Mulai 2 Mei, Korea Selatan Cabut Aturan Wajib Masker

topmetro.news Korea Selatan akan mencabut aturan wajib masker di luar ruangan mulai awal pekan depan atau Senin (2/5/2022) mendatang.

Perdana Menteri Korsel Kim Boo-kyum mengumumkan kebijakan ini pada Jumat (29/4/2022). Hal itu sebagai langkah terbaru negara itu untuk melonggarkan pembatasan Covid-19 dan belajar untuk hidup berdampingan dengan varian Omicron.

“Kami menyimpulkan bahwa kami tidak bisa lagi berpaling dari ketidaknyamanan yang dialami oleh masyarakat kami. Di mana mereka harus tetap menggunakan masker. Bahkan ketika berjalan-jalan sendiri atau piknik bersama keluarga,” kata Kim saat rapat tanggap Covid-19.

Menurut laporan, kebijakan ini akan mulai berlangsung tepat dua minggu setelah Korea Selatan melonggarkan sejumlah pembatasan Covid-19. Termasuk jam malam restoran dan bisnis lainnya pada 18 April lalu.

Merujuk pada masa pelonggaran pembatasan tersebut, aturan bebas masker di Korea Selatan kemungkinan akan mulai berlaku pada 2 Mei mendatang.

Kendati begitu, pemerintah Korea Selatan tetap mewajibkan warganya untuk memakai masker, di acara-acara yang dihadiri 50 orang atau lebih. Seperti rapat umum, konser, dan juga stadion olahraga.

Jumlah kasus Covid-19 di Korea Selatan telah meroket di bawah 100 ribu sehari, setelah memuncak menjadi lebih dari 620 ribu sehari pada pertengahan Maret.

Korea Selatan sebagian besar telah berhasil membatasi kematian dan kasus kritis melalui vaksinasi yang meluas. Juga telah mengurangi upaya penelusuran agresif, yang menjadikan negara ini sukses mitigasi dari sebagian besar dua tahun pertama pandemi.

Hampir 87 persen dari 52 juta penduduk negara itu telah menerima vaksin lengkap, dengan 65 persen juga memiliki booster. Itu menurut data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

 

 

sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment